ASSALAMUALAIKUM ! SELAMAT DATANG DI DUNIA HENDY AZIZIR ROHII

ASSALAMUALAIKUM SAHABAT SEMUA!
TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR KE-BLOGKU

SELAMAT DATANG DI DUNIA HENDY AZIZIR ROHII


BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN ADALAH
MENGETAHUI
TATA LETAK
SUATU USAHA

Minggu, 12 Juni 2011

LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI

LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI








DITULIS

OLEH


KELOMPOK
KETUA : JEMIRAN
Nimko : 726-0925.075
WAKIL KETUA : YADI
Nimko : 726-0925.133
SEKRETARIS : ABDUL HENDI
Nimko : 726-0925.101
BENDAHARA : TITIK MARNANI
Nimko :726-1025.196
ANGGOTA :
M. TAUPIK HIDAYAT
Nimko :726-0925.103
DAHLIA
Nimko : 726-1025.166
SUTRISNO
Nimko : 726-0925.126

MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
PROGRAM SARJANA STRATA SATU (S.1)
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MUARA ENIM TAHUN 2011
LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI






PROGRAM SARJANA STRATA SATU (S.1)
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
MUARA ENIM TAHUN 2011





MUARA ENIM 21 Maret 2011
ABDUL HENDI




MENGETAHUI
DOSEN PEMBIMBING KEPALA SEKOLAH
MUARA ENIM 21 Maret 2011





Drs. DAHIRIN Drs. SUARKO
NIP. NIP. . 19630707 199512 1 001
1. PENDAHULUAN

1. Latar belakang dan masalah
Pendidikan adalah kebutuhan mutlak bagi mahluk hidup. Khususnya bagi manusia,sesuai dengan berberapa kebutuhan dan tuntunan kehidupan, dengan pendidikan juga dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap tuhan yang Maha Esa serta menjadikan seseorang untuk lebih dewasa dalam bertindak dan bermutu dalam berpikir dan berusaha.
Berberapa komponen pendidikan sudah kita ketahui sejak zaman dahulu yang terdiri dari murid,guru atau tenaga pendidik serta sarana pendidikan yang dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan yang dicanangkan pemerintah khususnya lembaga pendidikan yang berada di babat kecamatan penukal kabupaten muara enim.
Oleh karena itulah pendidikan dikecamatan penukal perlu dibangun sarana pendidikan yang berupa sekolah yang berada di babat kecamatan penukal. Berkat kerjasamanya pemerintah kabupaten muara enim dengan penduduk babat kecamatan penukal Sehingga pada tahun 1997 teralokasilah pembangunan sarana pendidikan yang berupa sekolah menengah pertama ( SMP ) dan mulai beroperasi yaitu pada tahun 1998 sekolah menengah pertama ini yang dahulunya yaitu bernama SMP N 6 Babat yang terletak dijalan pertamina no 12 kecamatan penukal kabupaten muara enim. pada waktu dahulu dibangunya smp negeri 6 babat ini karena sulitnya untuk menjangkau pendidikan berjenjang sekolah menengah pertama (SMP). Tetapi pembangunan SMP ini banyak sekali mengalami masalah. Masalah tersebut yaitu sebagai berikut:




1. Dana
Walaupan sebenarnya bantuan dari pemerintah sudah ada namun akan tetapi banyak sekali kekurangan dana sehinggah sekolah ini belum mempunyai pasilitas yang memadai sehinggah kepala sekolah memintah bantuan kepada wali murid untuk membayar uang pembangunan sebesar Rp. 50.000,00,-
2. Masyarakat
Disamping banyak masyarakat yang setuju diadakan pembangunan SMP N 6 babat ini ternyata banyak juga para masyarakat yang tidak setuju masalah tempat ( lokasi ) yang berada dijalan pertamina ini dijadikan tempat sekolah. sehinggah masyarakat banyak yang mengusulkan untuk lokasinya tersebut yaitu berdekatan dengan kantor kecamatan penukal akhirnya setelah berberapa kali mengadakan rapat untuk masalah tempat sehinggah para masyarakat lama-kelamaan setuju dijalan pertamina itu tersebut karena jauh dari keramaian untuk melaksanakan proses pendidikan akhirnya SMP N 6 babat ini dibangunlah di jalan pertamina di desa babat kec. Penukal kab. Muara enim.
3. Siswa dan tenaga pengajar
Setelah dana dan masalah lokasi sudah terselesaikan akhirnya muncullah masalah siswa dan tenaga pengajarnya dikarenakan minimnya masyarakat untuk menyekolahkan anaknya karena masalah biaya banyak siswa yang sudah tamat dari SD banyak yang tidak melanjutkan kejenjang SMP begitu juga dengan guru atau tenaga pendidiknya banyak yang mengeluh terhadap gaji para pegawainya tidak stabil banyak guru yang berhenti dan memilih untuk menjadi usahawan.
Pada tahun 1999-2003 sekolah ini dipimpin oleh bapak M. NAJIB GUNAWAN, pada tahun 2003-2008 sekolah menengah pertama ini dipimpin oleh bapak RUSMINARYASIN S.Pd pada tahun inilah SMP N 2 penukal mendapatkan DAK ( Dana Alokasi Khusus ) untuk penambahan gedung dan fasilitas sekolah seprti ruang perpustakaan dan ruang laboraturium serta penambahan lokal gedung untuk belajar 3 unit, sedangkan pada tahun 2009 SMP N 2 penukal ini dipimpinlah oleh bapak RATMANUDIN S.Pd Pada tahun 2009 sekolah menengah pertama yang berada di desa babat ini berubah nama menjadi SMP N 2 Penukal yang dipimpin oleh kepala sekolah RATMANUDIN S.Pd. Sejak berdirinya sekolah menengah pertama di babat kecamatan penukal ini telah berberapa kali penambahan pasilitas gedung dan kepala sekolah.
Pada tahun 2010 sekolah yang akrab dipanggil dengan sebutan SMP N 2 penukal ini dipimpin olaeh bapak Drs. SUARKO dengan jumlah tenaga pendidik 16 guru tetap, 13 guru tidak tetap, 7 pegawai tata usaha, 2 orang penjaga sekolah, dan 2 orang petugas perpustakaan. Serta 1 orang pelatih pramuka dan 1 orang pelatih olahraga.
2. Ruang lingkup
Dalam pendidikan sekolah, siswa Dan guru merupakan element yang sangat berkaitan dengan dunia pendidikan dikarnakan jika tidak ada sekolah maka tidak akan bisa memajukan pendidikan terkhusus pada SMP N 2 penukal begitu juga dengan sisiwa. Siswa adalah peserta didik yang akan melaksanakan pendidikan yang berada di SMP N 2 penukal jika tidak ada siswa maka sekolah tidak akan berlangsusng dengan baik serta begitu juga dengan tenaga pengajar yang berada di sekolah itu tersebut karena segala pendidikan yang baik itu dilahirkan oleh seorang guru terkhusus pada SMP N 2 penukal

Ruang lingkup dalam SMP N 2 penukal ini yaitu meliputi :
1. Situasi dan kondisi SMP N 2 penukal bersetatus negeri atau swasta
2. Lembaga pendidikan atau sekolah yang berada didaerah kecamatan penukal
3. Guru atau tenaga pendidik di SMP N 2 penukal
4. Peserta didik atau siswa di SMP N 2 Penukal
5. Masyarakat yang berada didaerah SMP N 2 penukal
3. Tujuan
Ada berberapa manfaat dari observasi yang dilakaukan di SMP N 2 penukal diantaranya sebagai berikut:
1. Mengarahkan mahasiswa dalam melaksanakan observasi agar mencari atau mengetahui segala yang berada dalam lingkungan sekolah.
2. Menumbuhkan semangat dan ketepatan dalam melakukan kegiatan yang berlangsung di SMP N 2 penukal.
3. Dapat dijadiakn sebuah motifasi bagi mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.
4. Mengakrabkan silaturahmi dengan para sisiwa dan guru di SMP tempat Melaksanakan pelaksanaan pembelajaran.
5. Mengenal lebih dekat lagi tentang sejarah, personilia dan tenaga pengajar di SMP N 2 penukal.
6. Berguna bagi mahasiswa terkhusus pada Sekolah tinggi ilmu tarbiyah muara enim agar kedepanya dapat dijadiakn patokan bahwa pendidikan itu berjalan dengan 3 komponen yaitu siswa,guru dan tempat.
7. Menikatkan pemehaman kita dalam menikatkan pendidikan yang berada di SMP N 2 Penukal terkususnya dan pada Negara indonesia umumnya.
2. ISI LAPORAN
1. Situasi dan kondisi sekolah
a. Personilia pengelolaan sekolah
SMP N 2 penukal mempunyai lingungan yang sangat strategis untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar yaitu berada tidak jauh dari lingkungan penduduk dan berdekatan dengan kantor UPTD kec. Penukal yang berada di seberang jalan SMP N 2 penukal. Disekeliling sekolah tersebut ada kebun karet dan perumahan penduduk dan berlokasi di jalan pertamina. Dengan keadaan tempat belajar yang memenuhi persyaratan seperti gedung belajar, tempat duduk, dan perlengkapan yang memadai sehingga banyak siswa yang tamatan SD banyak melanjut pendidikanya di SMP ini tersebut dikarnakan guru yang sudah berstatuskan pegawai dan berpengalaman serta rata-rata sudah berstatus strata satu S.1 yang terdiri dari 47 pegawai mulai dari kepala sekolah, guru dan pegawai lainya.
SMP N 2 penukal adalah satu-satunya sekolah menengah pertama yang berada di desa babat kec. Penukal kab. Muara enim dengan siswa berjumlah 600 lebih dengan perlengkapan dan sarana dan prasarana yang memadai yang sangat baik yang terdiri dari 14 ruang belajar siswa.
SMP N 2 penukal berstatuskan Negeri yakni mulai dari tahun pembangunanya yaitu tahun 1997 dan dengan kelengapan dan kecakapan seorang kepala sekolah yang pandai dalam memimpin sekolah ini sehingga sekarang ini mendapatkan akreditasi B sebagai pengahargaan kedua siswa paling banyak siswanya. (daftar lerlampir)

b. Dena gedung dan fasilitas sekolah
SMP N 2 penukal dibangun diatas tanah dengan panjang dan luas mencapai 2,5 hektar yang dibangun atas tanah milik pemerintah. Dengan bentuk permanen SMP N 2 Penukal mempunyai gedung dan perumahan guru serta perumahan penjaga sekolah. (Denah gedung dan jumlah pegawai terlampir)
Berikut bangunan –banugnan itu tersebut:
 14 ruang belajar
 1 ruang kepala sekolah
 1 ruang tata usaha
 1 ruang guru
 1 bangunan mushola
 1 ruang laboraturium
 1 ruang tamu guru dan kepala sekolah
 1 ruang wakil kepsek kesiswaan dan BK/BP
 1 ruang wakil kepsek bidang kurikulum
 1 ruang UKS
 1 ruang dapur sekolah
 2 wc guru dan 1 wc kepala sekolah
 4 wc siswa
 4 perumahan guru
 2 perumahan penjaga sekolah
c. Prosedur penggunaan dan pemeliharaan
Sekolah adalah tempat seseorang untuk menambah ilmu yang dimilikinya. wajar dalam keadaan apapun seorang siswa membutuhkan tempat untuk melaksanakan pendidikanya seperti di SMP N 2 penukal ini penggunaan lapangan dan kelas digunakan untuk belajar dan mempelajari sesuatu yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan.
Berikut penggunaan fasilitas yang ada pada SMP N 2 penukal dan pemeliharaan yang dilakukan oleh seluruh perangkat sekolah yang ada pada SMP N 2 Penukal. Adalah sebagai berikut:
a. Mempergunakan lapangan yaitu sebagai sarana untuk melakukan pratik olahraga atau hal yang lain yang dilakukan oleh seorang siswa dalam mendapatkan pendidikan. Pemeliharaan yang dilakukan oleh siswa yaitu untuk lapangan guru berserta siswa membuat daftar piket lapangan agar lapangan tetap terlihat bersih rapi dan tertata rapi. Disamping itu para siswa mellakukan kegiatan penghijauan yaitu menanam bunga atau kembang dilingkungan sekolah dan menanam pohon yang rindang seperti jarak bunga,akasia,dan meletakan pot bunga disetiap kelas sebagai penghijauan
b. Untuk kelas siswa dan guru bersama sama membuat dafatr piket dan menghiasi ruangan kelas yaitu menempelkan bermacam-macam bunga kembang yang berada didalam pot. Disamping itu juga para siswa bersama-sama menempelkan diatas kanan kiri mereka yaitu media untuk belajar seperti gambar pahlawan dan peta serta gambar media untuk pelajaran ilmu pengetehuan alam (ipa).
c. Ruangan perpustakaan di SMP N 2 penukal di pergunakan oleh para siswa dalam melakukan kegiatan menggalakan membaca yang dilakukan oleh setiap kelas dan biasanya dipergunakan oleh para siswa dalam melakukan kegiatan osis. Dan perpustakaannya mempunyai petugas yang bertugas memelihara dan mencatat segala sesuatu yang berada di dalam perpustakaan.
d. Ruangan kepala sekolah,guru serta ruang uks dan ruang istirahat. Ruang kepala sekolah dipergunakan yaitu untuk kepala sekolah melakaukan aktivitas yang berkenaan dengan urusan sekolah dan merupakan tempat istirahat kepsek. Ruang guru digunakan oleh guru ketika istirahat selalu bersama guru yang lainya bercengkrama masalah siswa atau bahkan masalah yang lainya seperti masalah guru piket atau hal yang lainya yang berkenaan dengan tugas guru tersebut.
e. Mushola digunakan oleh para guru atau siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan seperti sholat,mengaji ketika pelajaran iqra serta kegiatan keagamaan yang lainya seperti peringatan hari besar islam. Merawat mushola yaitu di buat daftar fiket tersendiri untuk memastikan bahwa mushola selalu bersih dan suci.
2. Situasi pengelolahan kelas
Pengelolahan kelas dilakukan oleh guru berserta siswa untuk selalu menjaga dan merawat keindahan dan kerapian kelas didalam kelas seperti pengelolahan tempat duduk dan pengaturan fasilitas yang ada didalam kelas. Berikut keterangan situasi pengelolahan kelas.
a. Pengaturan tempat duduk.
Pengaturan tempat duduk di SMP N 2 penukal sudah mengikuti atauran yang ada dan menikuti bagaimana cara SMP yang lainya. Tempat duduk para siswa dimana satu kursi dan satu meja untuk seorang siswa dan susunan tempat duduknya yaitu memanjang kebelakang. ( denah terlampir)
b. Susunan perabot kelas
Dalam hal menata kelas agar rapi dan serasi SMP N 2 penukal. Maka ditentukan tempat yang tepat untuk masing-masing perabot kelas.
1. Letak papan tulis didepan siswa
2. Daftar piket, denah tempat duduk dan jadwal pelajaran terletak disebelah kanan dan kiri siswa.
3. Lap tangan untuk guru di gantung disebelah kiri meja guru.
4. Ember tempat untuk air yaitu berada di bawah lap tangan
5. Kotak sampah berada di sebelah kiri masuk.
3. Pelaksanaan tugas guru
Guru merupakan seseorang yang sangat berjasa terhadap peserta didiknya guru memberikan sesuatu khas tersendiri kepada seorang siswa kadang kalanya guru disenangi oleh siswa dan juga kadang kalanya juga guru dibenci oleh siswa karna cara mengajar ataupun cara menjelaskan pelajaran tidak bisa dimengerti oleh sisiwa. Senang atau tidaknya seorang guru merupakan panutan bagi peserta didiknya. Untuk itu guru mempunyai tugas yang harus dilakukanya dalam mendidik dan mengajarkan peserta didiknya. Tugas guru tersebut diantaranya :
a. Kepala sekolah
Kepala sekolah adalah sebagai meneger dalam suatu sekolah. Kepala sekolah adalah sesorang yang memimpin guru atau siswanya dalam melakukan proses pembelajaran tugas seorang kepala sekolah adalah sebagai berikut:
1. Merencanakan suatu program dalam sekolah
2. Mengorganisasikan semua prangkat sekolah
3. Mengolah dan mengatur sekolah
4. Mengkoordinir sekolah
5. Mengawasi sekolah
6. Mengevaluasi keberadaan guru didalam kelas
Perincian tugas kepala sekolah adalah mengatur kegiatan belajar dan mengajar yang meliputi antara lain :
1. Program tahunan
2. Program semester
3. Jadwal pelajaran
4. Menunjuk wali kelas
5. Penetapan kelulusan
6. Mengawasi administrasi yang ada di SMP N 2 penukal
b. Guru
Tugas guru secara rinci adalah mendidik mengajarkan mengayomi peserta didik dari tidak bisa menjadi bisa dan dari tidak tahu menjadi tahu: berikut tugas guru sesuai dengan jabatan dan fungsinya.
1. Menyusun program yang meliputi
a. Program tahunan
b. Program satuan pengajaran
c. Program semester
d. Evaluasi
2. Menyajikan program pengajaran atau melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar
3. Melaksanakan evaluasi belajar dan mengajar
4. Mendidik dan mengajar siswa
5. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengajaran
6. Melaksanakan analisis hasil belajar
7. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
8. Melakukan bimbingan terhadap pendidikan kecakapan hidup siswa
9. Mengatasi buku kegiatan belajar dan mengajar
10. Menghadiri rapat dinas disekolah lain
Begitu juga wali kelas juga mempuyai tugas dan wewenang dalam siswa yang dipimpinya. Berikut tugas wali kelas:
A. Mengatur pengelolahan kelas
B. Menyelenggarakan administrasi kelas yang mencakup
a. Denah kelas (tempat duduk)
b. Daftar fiket kelas
c. Daftar pelajaran kelas
d. Buku absensi kelas
e. Buku kegiatan belajar dan mengajar
f. Tata tertib kelas
g. Menyusun statistik bulanan siswa
h. Pengisian daftar nilai siswa
i. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
j. Pencatatan mutasi siswa
k. Pengisian raport pendidikan
l. Membagikan raport
m. Memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada siswa yang bermasalah




n. Membuat prangkat pembelajaran yang meliputi
 Rencana pelaksanaan pembelajaran
 Membuat silabus
 Melaksanakan prota dan prosem
 Melaksanakan apa yang telah di buat

4. keadaan siswa pada umumnya
Siswa adalah peserta yang akan melaksanakan pendidikan di suatu sekolah yang telah lulus dalam suatu ujian nasional atau kelas. Siswa pada umumnya hanya belajar dan berhak memiliki ilmu pengetahuan. Tetapi kebanyakan siswa hanya mau belajar ketika akan melaksanakan ujian saja untuk itu perlu diketahui berapa banyak siswa yang akan diajari dan dibimbing dalam belajarnya agar ketika akan melaksanakan ujian nasional atau ujian sekolah seorang siswa bisa menjawab segala aspek soal yang diberikan gurunya terutama yaitu pelajaran pendidikan agama islam. Berikut perlu diketahuai jumlah peserta didik di SMP N 2 penukal:
1. Rombongan belajar
Pada dasarnya banyak atau sedikitnya siswa disuatu sekolah sama saja karena pada dasarnya siswa hanya belajar tetapi banyak atau tidaknya suatu siswa itu bergantung pada sekolah itu tersebut hanya saja ketika ada suatu pemeriksaan data siswa yang masih belajar dan melaksanakan pendidikan itu dibukukan dan dijadikan arsip didalam suatu sekolah karna banyaknya suatu siswa disekolah menentukan akreditasi suatu sekolah. Berikut daftar banyaknya siswa di SMP N 2 penukal.



DATA JUMLAH SISWA SMP N 2 PENUKAL KELAS VII
KEC. PENUKAL KAB.MUARA ENIM
________________________________________

NO
KELAS JENIS KELAMIN
JUMLAH
KETERANGAN
LAKI-LAKI PEREMPUAN
1 7.1 21 23 44
2 7.2 21 21 42
3 7.3 20 22 42
4 7.4 23 20 42
5 7.5 19 23 43
6 7.6 21 21 42
7 7.7 24 18 42
JUMLAH 149 142 291














DATA JUMLAH SISWA SMP N 2 PENUKAL KELAS VIII
KEC. PENUKAL KAB.MUARA ENIM
________________________________________

NO
KELAS JENIS KELAMIN
JUMLAH
KETERANGAN
LAKI-LAKI PEREMPUAN
1 8.1 11 29 40
2 8.2 24 17 41
3 8.3 23 18 41
4 8.4 23 19 42
5 8.5 23 18 41
6 8.6 20 21 41
7 8.7 23 19 42
JUMLAH 149 142 291














DATA JUMLAH SISWA SMP N 2 PENUKAL KELAS IX
KEC. PENUKAL KAB.MUARA ENIM
________________________________________

NO
KELAS JENIS KELAMIN
JUMLAH
KETERANGAN
LAKI-LAKI PEREMPUAN
1 8.1 11 29 40
2 8.2 24 17 41
3 8.3 23 18 41
4 8.4 23 19 42
5 8.5 23 18 41
6 8.6 20 21 41
7 8.7 23 19 42
JUMLAH 149 142 291

2. Persentase lulusan pertahun SMP N 2 penukal
Pada umumnya suatu sekolah mempunyai lulusan yang telah berhasil mengikuti ujian nasional yang terhitung melalui jumlah atau persentase suatu sekolah dan dilambangkan dengan persen ( % ). Berikut tabel persentase kelulusan SMP N 2 penukal kecamatan penukal Kab. Muara enim







TABEL PERSENTASE LULUSAN PERTAHUN
SMP N 2 PENUKAL KEC. ABAB KAB.MUARA ENIM
2009-2011
________________________________________
TAHUN PELAJARAN LULUS TIDAK LULUS KETERANGAN
F % F %
2009/2010
2010/2011

3. Keadaan NEM rata –rata per tahun ( 2 tahun terakhir )
SMP N 2 penukal setiap tahunya melakukan evaluasi terhadap penurunan atau peningkatan NEM siswa dalam ujian Nasional dan terbukti pada tahun

TABEL KEADAAN NEM SISWA
SMP N 2 PENUKAL KEC. ABAB KAB. MUARA ENIM
________________________________________
Tahun pelajaran NEM Tertinggi NEM Terendah Rata-rata
2009/2010
2010/2011








4. Kegiatan siswa
Disamping siswa mengikuti kegiatan belajar dan mengajar disekolah siswa juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang di latih oleh seorang pelatih atau mereka belajar sendiri. Berikut kegiatan ekstrakulikuler di SMP N 2 penukal kec. Penukal Kab. Muara Enim :
a. Kegiatan kepramukaan
Pada SMP N 2 penukal ini kegiatan kepramukaannya yaitu dilatih oleh seorang pelatih pramuka yang mempunyai pengalaman tentang pramuka dan kegiatan kepramukaan ini sangat baik untuk dilakukan oleh siswa karena dengan pramuka akan membentuk insan yang patuh dan taqwa kepada Tuhan YME dan juga membentuk kepribadian siswa menjadi disiplin dan berjiwa besar serta berkepribadian luhur.
b. Osis
Organisasi siswa intra sekolah ( OSIS ) adalah semacam kegiatan siswa yang berkenaan membantu sekolah dalam melaksanakan suatu kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Seperti cllas meating, peringatan hari besar islam, serta meading dan lain-lain.
c. Olahraga
SMP N 2 penukal melaksanakan kegiatan olahraga seperti latihan sepak bola, Volly dan basket yang dilaksanakan secara berkala yakni setiap hari kamis.



d. Perkebunan atau pertanian
Siswa bersama-sama dengan dewan guru melakukan kegiatan perkebunan yang seperti penanaman pisang, kelapa, kacang panjag dan segala sesuatu yang bersangkutan dengan perkebunan.
5. Perkarangan sekolah
Perkarangan sekolah SMP N 2 penukal sangat luas semua kegiatan yang berada disana dapat dilakukan dilapangan seperti : upacara, Apel pagi,olahraga,perkebunan, latihan kegiatan lain serta kegiatan-kegiatan lain. Diatas perkarangan sekolah banyak sekali tanaman kembang-kembangan yang menambah keindahan perkarangan sekolah SMP N 2 penukal.
6. Warung sekolah
Sudah ada kantin khusus untuk SMP N 2 penukal yakni kantin pak joko yang digunakan oleh para guru dan siswa ketika beristirahat dikantin sambil minum secangkir tea hangat untuk
7. Perpustakaan sekolah
SMP N 2 penukal mempunyai Fasilitas perpustakaan sebagai sumber belajar dan banyak para siswa kembali mengulang belajar ketika jam istirahat sebagai wawasan selain belajar didalam kelas. Banyak sekali buku-buku pelajaran yang ada di SMP N 2 penukal ini tersebut seperti buku pelajaran, buku bacaan cerita rakyat, cerita bergambar dan buku buku bacaan lainya. ( data terlampir )





3. PENUTUP
1. Kesimpulan
Berberapa komponen pendidikan sudah kita ketahui sejak zaman dahulu yang terdiri dari murid,guru atau tenaga pendidik serta sarana pendidikan yang dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan yang dicanangkan pemerintah khususnya lembaga pendidikan yang berada di babat kecamatan penukal kabupaten muara enim.
SMP N 2 penukal di bangun diatas tanah yang luasnya yaitu 2,5 hektar dengan keadaan sekolah yang sangat baik dan banyak sekali siswa yang setelah tamat SD melanjutkan di SMP ini Dalam pendidikan sekolah, siswa Dan guru merupakan element yang sangat berkaitan dengan dunia pendidikan dikarnakan jika tidak ada sekolah maka tidak akan bisa memajukan pendidikan terkhusus pada SMP N 2 penukal maka dari itu masyarakat desa babat dan dibantu oleh pemerintah kabupaten muara enim membuat sebuah bangunan SMP yang berada dijalan pertamina No 12 kec. penukal. SMP N 2 penukal mempunyai lingkungan yang sangat strategis untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar yaitu berada tidak jauh dari lingkungan penduduk dan berdekatan dengan kantor UPTD kec. Penukal yang berada di seberang jalan SMP N 2 penukal. Dan pasilitas yang ada juga mendukung kegiatan proses belajar dan mengajar yang terdiri dari bangunan permanen dengan jumlah dan denah sebagai berikut 14 ruang belajar,,1 ruang kepala sekolah ,1 ruang tata usaha ,1 ruang guru,1 bangunan mushola1 ruang laboraturium, 1 ruang tamu guru dan kepala sekolah 1 ruang wakil kepsek kesiswaan dan BK/BP1 ruang wakil kepsek bidang kurikulum1 ruang UKS1 ruang dapur sekolah2 wc guru dan 1 wc kepala sekolah 4 wc siswa 4 perumahan guru2 perumahan penjaga sekolah. begitu juga dengan gurunya sudah berstatuskan pegawai dan berpengalaman serta rata-rata sudah berstatus strata satu S.1 yang terdiri dari 47 pegawai mulai dari kepala sekolah, guru dan pegawai lainya. Serta pelaksanaan belajar dan mengajar di SMP N 2 penukal Sangat baik. Guru-guru yang mempunyai skill atau kemampuan yang tinggi serta siswa yang mempunyai prestasi yang sangat baik membuat SMP N 2 penukal ini menjadi SMP exsample bagi SMP lain. Serta pasilitas yang ada sangat mendukung sekali untuk melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar






















2. Saran
Dalam pelaksanaan Pratek Pengalaman lapangan ini kami selaku Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim Mengucapkan Banyak Terima kasih kepada kepada kepala sekolah SMP N 2 Penukal,Guru Pamong Serat Dewan guru, dan petugas tata Usaha yang telah membimbing kami Dalam Melaksanakan PPL kami ini yang telah Memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan PPL di SMP ini besar harapan Kami apa yang kami lakukan di SMP 2 Penukal Ini menjadi berupa pengalaman yang sangat berarti bagi kami selaku Mahasiswa Sekolah tinggi ilmu tarbiyah Muara Enim. Dalam kesempatan kali ini kami Mahasiswa menyarankan kepada SMP N 2 Penukal ini:
1. SMP N 2 penukal ini adalah satu-satunya SMP yang Ada dibabat oleh karena itu Jaga dan pertahankan Apa yang telah diraih oleh SMP N 2 penukal ini. Baik dari segi penghargaan serta kualitas dan kuantitas Guru di SMP ini dan peserta didiknya karena maju atau mundurnya Sekolah adalah tanggung jawab bersama.
2. Sebelum kami melakukan kegiatan di SMP ini. Murid dan guru begitu mementingkan mahasiswa terutama dalam proses belajar dan mengajar serta pembuatan RPP dan silabus untuk itu kami mahasiswa sekolah tinggi ilmu tarbiyah muara enim menyarankan agar tetap menjaga nama Baik SMP N 2 penukal ini karena dengan menghargai dan membimbing sesorang akan menambah perluasan pengenalan SMP N 2 penukal ini.
3. Dengan segala hormat untuk SMP N 2 penukal kami menyarankan untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah dengan tetap melakukan perawatan terhadap kembang dan pohon-pohon yang sengaja dihias untuk memperindah SMP N 2 penukal ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar