ASSALAMUALAIKUM ! SELAMAT DATANG DI DUNIA HENDY AZIZIR ROHII

ASSALAMUALAIKUM SAHABAT SEMUA!
TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR KE-BLOGKU

SELAMAT DATANG DI DUNIA HENDY AZIZIR ROHII


BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN ADALAH
MENGETAHUI
TATA LETAK
SUATU USAHA

Minggu, 16 Oktober 2011

rpp mts aqidah akhlak kelas 7 semester 1

PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.

B. Kompetensi Dasar :
1.1. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
 Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
 Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam

D. Materi Pembelajaran :
 dasar–dasar akidah Islam
 pengertian akidah Islam
 tujuan akidah Islam

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

 Kegiatan inti
 Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
 Siswa membaca berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
 Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
 Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
 Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian, dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Memberikan tugas pengayaan 10





50












5
10
5  Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,

H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Siswa dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
 Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
 Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis
Jawab singkat

Uraian

Uraian  Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?

 Jelaskan pengertian akidah Islam ?

 Jelaskan tujuan akidah Islam ?



............., ..................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.

B. Kompetensi Dasar :
1.2. Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
 Dapat menjelaskan pengertian Dalil tentang dasar akidah Islam
 Dapat menjelaskan dan tujuan Akidah Islam
 Dapat menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam

D. Materi Pembelajaran :
 Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
 pengertian Dalil tentang akidah Islam
 tujuan akidah Islam
 menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, macam-macam Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, membuat bagian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam.
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

 Kegiatan inti
 Siswa diminta membaca dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam dan tujuan akidah Islam melalui indeks Al-Qur’an
 Siswa diminta menuliskan 3 pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan dasar dan tujuan akidah Islam yang telah dibaca
 Siswa diatur untuk saling bertanya dan guru memberikan skor
 Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah
 Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10






50












5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam
 Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
 Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
 Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
 Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam Tes tulis

Tes tulis

Tes Lisan

Penugasan

Penugasan Isian

Uraian

Uraian

Hafalan

Hafalan
 Jelaskan pengertian dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam ?
 Sebutkan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
 Sebutkan dalil tentang tujuan akidah Islam ?

 Hafalan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
 Hafalan dalil tentang tujuan akidah Islam ?


............., ..................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.

B. Kompetensi Dasar :
1.3. Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menjelaskan dan tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan, macam-macam Hubungan Iman, Islam dan Ihsan,
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan

 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

 Kegiatan inti
 Siswa Bertanya jawab tentang pengertian iman, Islam, dan Ihsan
 Siswa Menggambarkan diagram hubungan iman, Islam, dan ihsan
 Siswa Menjelaskan dengan kalimat hubungan iman, Islam, dan ihsan
 Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian, perbedaan dan hubungan Iman, Islam dan Ihsan

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50







5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa

H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menjelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan
 Menjelaskan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan
 Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan Tes tulis

Tes tulis
Tes tulis
Uraian

Jawab singkat
Uraian
 Jelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan?
 Sebutkan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan ?
 Jelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.

B. Kompetensi Dasar :
1.4. Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menjelaskan dan tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Dapat menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan, macam-macam Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan,
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Kegiatan inti
 Menanyakan kepada siswa tentang iman, Islam, dan Ihsan
 Diskusi kelompok tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi 3 kelompok)
 Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
 Meminta siswa untuk menghafal ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
 Meminta siswa mengidentifikasi nama-nama surat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.
 Memberikan penguatan tentang dalil iman, Islam, dan ihsan
 Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
 menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman, Islam dan Ihsan
 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab soal Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan dan tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10







50














5
10
5
• Pemahaman Konsep










G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa

H. Assessment/ Penilaian
Penilaian
Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman
 Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Islam
 Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Ihsan
 Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
 Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
 Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
 Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes Lisan

Tes tulis


Penugasan


Tes Lisan
Uraian

Uraian

Uraian

Uraian

Uraian


Tugas


Jawab singkat
 Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Iman?
 Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Islam?
 Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Ihsan?
 Bacakanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?
 Simpulkanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan. ?
 Hafalkanlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.?
 Sebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?




............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya

B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Dapat menjelaskan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Dapat menjelaskan dan tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Dapat menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 pengertian Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah, macam-macam Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah

 Kegiatan inti
 Siswa Menelaah Berbagai Literatur Untuk Dapat Menyebutkan Dan Menjelaskan Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT Dan Mengklasifikasikannya Sesuai Dengan Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah
 Diskusi Berkelompok Tentang Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah.
 Meminta Siswa Mengidentifikasi Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah.
 Guru Dan Siswa Menyimpulkan Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah.

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah dan tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10







50












5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
 menghafal sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
 Menunjukkan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Menunjukkan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Tes tulis

Tes Lisan

Tes Lisan

Tes tulis Uraian

Tugas

Jawab singkat

Jawab singkat
 Jelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT ?
 Hafalkanlah sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.

 Jelaskan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah ?
 Jelaskan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT ?


............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya

B. Kompetensi Dasar :
2.2 Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Dapat menjelaskan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Dapat menjelaskan dan tujuan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Dapat menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 pengertian bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 tujuan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah, macam-macam bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

 Kegiatan inti
 Siswa Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya.
 Siswa diminta membaca dalil-dalil tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Diskusi berkelompok tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Meminta siswa Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Guru dan siswa menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50















5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
 Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.
Penugasan


Tes tulis

Penugasan Jawab singkat


Jawab singkat

Jawab singkat
 Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta ?

 Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya ?
 Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli. ?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya

B. Kompetensi Dasar :
2.3 Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Dapat menjelaskan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Dapat menjelaskan dan tujuan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Dapat menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 pengertian Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 tujuan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT, macam-macam Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

 Kegiatan inti
 Siswa Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Siswa diminta membaca Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Diskusi kelompok tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Guru dan siswa menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10







50









5

10
5 • Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa

H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menjelaskan pengertian sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
 menghafal sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT dengan artinya
 Menunjukkan dalil naqli tentang sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
 Menyebutkan lawan kata satu persatu antara sifat wajib dan mustahil Allah SWT Tes tulis

Tes Lisan
Tes Lisan


Tes Lisan
Uraian

tugas
Jawab singkat


Jawab singkat
 Jelaskan pengertian sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT. ?
 Hafalkanlah sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT dengan artinya. ?
 Jelaskan dalil naqli tentang sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT ?

 Sebutkan lawan kata satu persatu antara sifat wajib dan mustahil Allah SWT ?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya

B. Kompetensi Dasar :
2.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Dapat menjelaskan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Dapat menjelaskan dan tujuan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Dapat menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 pengertian Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 tujuan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT, macam-macam Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT

 Kegiatan inti
 Siswa Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
 Diskusi berkelompok tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Guru dan siswa menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50












5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT.
 Menunjukkan perilaku orang yang beriman terhadap sifat jaiz bagi Allah SWT.
 Menunjukkan keutamaan orang-orang yang beriman terhadap sifat Allah SWT. Tes tulis


Penugasan

Tes tulis
Uraian


Tugas

Uraian

 Jelaskan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT. ?

 Jelaskan perilaku orang yang beriman terhadap sifat jaiz bagi Allah SWT. ?

 Jelaskan keutamaan orang-orang yang beriman terhadap sifat Allah SWT. ?




............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah

B. Kompetensi Dasar :
3.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Dapat menjelaskan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Dapat menjelaskan dan tujuan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Dapat menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 pengertian Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 tujuan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat), dan macam-macam Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

 Kegiatan inti
 Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Siswa Bertanya jawab tentang pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Siswa secara berkelompok Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50









5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa

H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas.
 Menjelaskan pengertian dan pentingnya taat.
 Menjelaskan pengertian dan pentingnya khauf.
 Menjelaskan pengertian dan pentingnya taubat.
Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis
Uraian

Tugas

Jawab singkat

Jawab singkat
 Jelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas.?
 Hafalkanlah sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.

 Jelaskan pengertian dan pentingnya taat?.

 Jelaskan pengertian dan pentingnya taubat.?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah

B. Kompetensi Dasar :
3.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menjelaskan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menjelaskan dan tujuan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 pengertian Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 tujuan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

 Kegiatan inti
 Siswa Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Siswa secara berkelompok tentang contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Siswa Bertanya jawab tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Guru dan siswa menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50









5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa

H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat.
 Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap ikhlas, taat, khauf dan tauba
Tes Lisan


Tes Lisan Jawab singkat


Uraian  Sebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat. ?

 Jelaskan ciri-ciri orang yang memiliki sikap ikhlas, taat, khauf dan tauba. ?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah

B. Kompetensi Dasar :
3.3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menjelaskan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menjelaskan dan tujuan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Dapat menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 pengertian Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 tujuan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat

 Kegiatan inti
 Siswa Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
 Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
 khauf dan taubat
 Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Meminta siswa mengidentifikasi Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Guru dan siswa menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10








50













5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan
 Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan
 Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan
 Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan Tes Lisan

Tes Lisan

Tes Lisan

Tes Lisan Jawab singkat

Jawab singkat

Jawab singkat

Jawab singkat
 Sebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan?
 Sebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan ?
 Sebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan ?
 Sebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan ?


..........., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs :
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah

B. Kompetensi Dasar :
3.4. Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran :
 Dapat menyebutkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Dapat menjelaskan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Dapat menjelaskan dan tujuan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Dapat menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

D. Materi Pembelajaran :
 menjelaskan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 pengertian Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 tujuan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

E. Metode Pembelajaran :
 Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
 Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari, dan macam-macam Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
 Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan
 Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
 Menanyakan kepada siswa tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
 Menyimpulkan Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 Kegiatan inti
 Siswa Mempraktikkan perilaku terpuji (ikhlas, taat, khauf dan taubat) bersama teman-teman dan guru-gurunya di Madrasah.
 Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Meminta siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
 Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
 Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

 Kegiatan penutup.
 Guru melaksanakan penilaian lisan
 Tanya jawab tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
 Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
10







50














5

10
5
• Pemahaman Konsep











G. Sumber Pembelajaran
 Al-Qur’an dan terjemahnya
 Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
 LKS
 Hasil kerja siswa


H. Assessment/ Penilaian

Penilaian

Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga.
 Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah.
 Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat. Portofolio


Portofolio

Portofolio
Jawab singkat


Jawab singkat

Jawab singkat
 Sebutkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga. ?

 Sebutkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah. ?
 Sebutkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.?



............., .............................
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah


___________________ ______________________ NIP. NIP.

1 komentar: